Sekilas Mengenai Budidaya Perikanan Tambak di Indonesia

Perkembangan akuakultur di Indonesia kian hari kian menunjukkan peningkatan. Beragam upaya terus dilakukan guna meningkatkan produktivitas perikanan tambak. Nah, khusus untuk Anda yang ingin terjun ke bidang usaha menguntungkan ini, perlu diketahui tambak dalam perikanan merupakan sebuah kolam buatan yang biasanya di tempatkan di daerah pantai.

Kolam buatan tersebut akan diisi air dan kemudian digunakan sebagai sarana membudidayakan perikanan (akuakultur). Jenis hewan yang dibudidayakan di sini ialah hewan air, terkhusus ikan, udang maupun kepiting. Penggunaan kata ‘tambak’ sendiri dikaitkan dengan penggunaan air laut atau air payau. Berbeda dari penyebutan kolam berisikan air tawar yang biasanya disebut empang.

Perlu diketahui, kondisi dasar tambak perikanan ialah suatu kondisi fisik dasar sekaligus proses yang akan terjadi dalam tambak, menyangkut kimia, fisika, biologi dan ekologi yang terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Semua proses tersebut akan mempengaruhi kehidupan setiap organisme yang hidup atau berkaitan langsung dengan ekosistem perikanan tambak.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang sangat mendukung kegiatan budidaya perikanan. Termasuk memiliki wilayah perairan yang luas, ada begitu banyak kekayaan alam yang dilimpahkan negeri ini, termasuk kekayaan alam perairannya.

Di Indonesia, kegiatan usaha budidaya perikanan tambak semakin banyak digemari pelaku usaha dan dianggap sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Saat ini tangkapan ikan laut semakin berkurang akibat kegiatan overfishing sehingga perikanan tambak dianggap sebagai pengganti paling potensial.

Ada banyak jenis ikan tambak yang bisa dijadikan ladang bisnis masyarakat, beberapa diantaranya ialah ikan lele, ikan mas, ikan gurame, ikan nila, bandeng, dan terutama udang yang dianggap penambakan perikanan yang paling menguntungkan saat ini. Permintaan pasar untuk perikanan tambak juga tumbuh kian besar sehingga semakin menggairahkan usaha budidaya ikan tambak untuk melakukan yang terbaik.

Perkembangan dan peningkatan produktivitas perikanan tambak terus diupayakan untuk memberikan yang terbaik. Tidak hanya untuk meningkatkan penghasilan dari budidaya perikanan tambak para pelaku usaha, melainkan juga untuk membantu meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia menuju arah yang lebih baik lagi.

Posted in Blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *